Kedaulatan pangan menjadi suatu hal penting dalam menambah perekonomian Indonesia. Pasalnya, pangan adalahsalah satu komponen strategis ekonomi Indonesia guna menunjang penambahan ekspor dan devisa.

 

Ketua Yayasan Kedaulatan Pangan Nusantara (YKPN) Soud Aminah menuliskan bahwa keawetan pangan bisa terwujud dengan integrasi sejumlah sektor.

 

“Integrated agriculture untuk mengintegrasikan Agro industri dan agrobisnis supaya dapat menyerahkan impact positif untuk penguatan ekonomi nasional,” ujar Soud Aminah di Jakarta, Selasa (9/10/2018).

 

Untuk itu, pihaknya melangsungkan perhelatan laksana Indo Agro yang bertema “Indonesia Agriculture, Fishery, Livestock and Plantation International EXPO 2018”. Acara ini diinginkan dapat membuka kesempatan pasar hasil buatan pangan lokal.

 

“Menyelenggarakan event ini di Banyuwangi ini supaya membuka kesempatan pasar dalam menyusun intermedasi antara petani, peternak, pembudidaya di sisi supply dengan perusahaan pengolahan pangan, eksportir dan pasar global di sisi demand,” jelasnya.

 

Agriculture, Fishery, Livestock and Plantation International EXPO 2018 akan dilangsungkan pada 11-16 Oktober di Banyuwangi. Acara ini rencananya bakal dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.